Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

VAR ,Teknologi & Sepakbola

0

VAR(Video Assistant Referee)

Dunia Sepakbola memang identik dengan pertandingan sepakbola yang menegangkan,mendebarkan dan momen yang hanya dapat dimengerti apabila kita menikmati pertandingan tersebut.

Sepakbola utamanya adalah olahraga yang banyak dimainkan dan ditonton oleh kaum Adam namun tidak banyak juga penikmat dari kaum hawa. Setiap kali pula drama drama yang ditonton juga menimbulkan banyak perseteruan antar suporter. sebagai induk sepakbola dunia, FIFA(Fédération Internationale de Football Association) meluncurkan berbagai terobosan supaya dapat menciptakan pertandingan lebih fair play dan bergengsi.

FIFA meluncurkan 2 terobosan yang banyak penikmat bola mengetahui yaitu Goal Line Technology dan Video Assistant Refeere. Salah satu yang kita bahas ialah VAR(Video Assistant Refeere) ini.

PIC VAR

VAR(Video Assistant Referee )adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan. VAR belum menjadi bagian dari Laws of the Game, tetapi penggunaannya telah diuji coba oleh International Football Association Board di beberapa turnamen . baca juga panduan penggunaan VAR disini.

jika kiat melihat perkembangannya sendiri VAR memiliki peraturan yang cukup berbeda dengan penggunaan teknologi sebelumnya.sebagaimana memiliki keunggulan sebagai berikut:

1. Sebagai membantu tugas wasit dalam mengambil keputusan mengenai sebuah gol, penalti, kartu merah, dan kesalahan identifikasi.

2.  Mampu mengurangi keputusan kontroversi

Pertama kali digunakan pada laga persahabatan internasional antara  Italia menghadapi Prancis pada 1 September 2016 menjadi pertandingan internasional pertama yang menggunakan teknologi VAR. Laga tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Prancis.

akan tetapi tidak jarang kontroversi yang tercipta.  Kelemahan VAR justru terlihat saat diuji pada Piala Konfederasi 2017. Dari empat pertandingan yang sudah berlangsung, terdapat dua keputusan kontroversial yang melibatkan penggunaan.

Pertandingan Cile menghadapi Kamerun di Grup B menghasilkan dua keputusan kontroversial yang melibatkan VAR. Satu keputusan merugikan La Roja, sementara yang lain justru memberi keuntungan.

Berawal dari kejadian ketika Eduardo Vargas menjebol gawang Kamerun pada babak pertama. Saat itu, wasit menunggu beberapa menit untuk memutuskan gol Vargas sah atau tidak.Setelah mendapat bantuan dari tayangan ulang, wasit memutuskan gol Vargas tidak sah karena telah berada dalam posisi offside.

Dengan banyaknya keputusan kontroversi dan lontaran media serta pelaku sepakbola. FIFA sebagai induk utama sepakbola dunia terus mengkaji dan mengembangkan terus teknologi yang digunakan agar sepakbola dapat dinikmati semua kalangan.

Itulah beberapa fakta dan keunggulan dari teknologi yang digunakan di dunia sepakbola yang sarat akan kontroversi dan gengsi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.