Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Pengertian Web Browser, Fungsi dan Macamnya

0

Bagi kamu yang sudah sering menjelajah dunia internet pastinya sudah tidak lagi dengan browser web kan?

Hampir semua kegiatan atau aktivitas di dunia maya pastinya mengirimkan browser web ini, baik itu mencari informasi, berkomunikasi juga melakukan kegiatan online lainnya.

Dengan demikian maka kita dapat menyelesaikan bah web browser adalah bagian penting yang menjadi jembatan bagi para penggunanya dalam melakukan aktivitas didunia maya. Namun demikian, apakah Anda sudah paham dan mengerti makna dari pengertian browser web itu sendiri?

Perihal Anda belum tahu tentang browser web ini, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang browser web:

Pengertian Browser Web

- Advertisement -

Nah untuk lebih memperdalam pengetahuan kita tentang browser web, maka tentu saja kita akan memulai pembahasan ini dari pengertiannya.

Pengertian browser web merupakan perangkat lunak atau perangkat lunak yang dikembangkan sesuai kebutuhan untuk memudahkan manusia dalam melakukan pencarian informasi melalui kerjasama internet.

Nah dengan browser web atau disebut juga peramban web ini maka kita dapat menggunakan berbagai aktivitas seperti media sosial, browsing, membaca artikel, melakukan streaming dan sebagainya.

Jadi intinya adalah browser web ini merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna atau pengguna dengan informasi atau data dari suatu halaman web yang dicari.

Misalnya kompilasi Anda mengetikan kata kunci “Bunga Mawar” maka browser web otomatis akan berusaha mencocokkan semua hal yang masih berhubungan dengan kata “Bunga Mawar“, bisa itu manfaatnya, bentuknya, atau persaingan yang menyertainya.

Fungsi Web Browser

1. Mendapat & Menampilkan Informasi

Fungsi yang pertama ini mungkin sudah sangat Anda kenal bukan. Karena kita sebagai pengguna atau pengguna dari peramban web, maka diperlukan kompilasi kita akan melakukan perkantoran didunia maya seperti mencari informasi, maka pastinya kita akan melakukan permintaan terlebih dahulu, yaitu dengan memasukkan kata kunci atau kata kunci, kemudian meminta atau meminta tersebut akan dikirim oleh peramban web dan kemudian browser web akan menampilkan hasil pencarian yang relevan atau sesuai dengan informasi yang ditawarkan.


2. Melakukan percakapan dengan Server

Karena browser web mampu menampilkan segala informasi yang diperlukan oleh penggunanya, maka browser web juga dapat membantu dengan berbagai server.

Server yang disetujui adalah penyedia layanan yang menyediakan informasi apa saja yang disetujui oleh para penggunanya.

Ketika pengguna meminta browser web untuk menampilkan informasi tertentu, maka browser web akan menghubungi sejumlah server yang menyimpan data atau informasi yang sesuai dengan permintaan pengguna / pengguna.

3. Menampilkan & Membaca Dokumen Elektronik

Saat ini fungsi dari browser web sudah semakin banyak, salah satu fungsiinya adalah mengatur berbagai dokumen elektronik.

Tentu saja dokumen ini masih termasuk dalam bagian halaman web, dokumen elektronik yang diajukan adalah E-book, PDF, atau file-file dokumen lain yang dapat diupload dan dibaca melalui internet dan diakses melalui browser web.

4. Unduh & Unggah

Tidak lengkap rasanya jika browser web tidak mendukung fungsi unduh dan unggah ini. Karena memang sebagian besar orang pastinya akan membutuhkan fungsi yang satu ini.

Apalagi saat ini sudah zamannya media sosial, di mana setiap saat ada berbagai informasi di foto atau video.

Dan juga ada banyak file-file menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja, seperti file game, musik, video dan masih banyak lagi.

5. Media Hiburan (Game, Musik, Video)

Ada juga fungsi lain dari web browser, yaitu sebagai media hiburan. Yaitu anda sebagai pengguna bias menikmati berbagai layanan hiburan didalam dunia maya, seperti bermain game online dan melakukan streaming music dan video.

Fungsi seperti ini, merupakan salah satu fungsi wajib yang tidak boleh sampai tertinggal dari adanya web browser.

6. Media Pembelajaran & Informasi

Maksudnya adalah bahwa web browser ini memiliki fungsi yaitu sebagai media pembelajaran melalui informasi-informasi yang memuat pendidikan dalam suatu halaman web.

Jadi anda bias mempelajari segala sesuatu hal yang ada di dunia ini melalui software web browser ini.

Bahkan saat ini sudah ada ribuan hingga jutaan situs web yang memang memberikan segudang informasi berupa edukasi kepada para pembacanya.

Cara Kerja Web Browser

Web browser adalah sebuah sebuah software yang memberlakukan suatu sistem pencarian secara instan dan cepat.

Namun tahukah anda bahwa web browser ini ternyata memiliki rangkaian sistem kerja yang tidak bisa dibilang sederhana. Karena ada beberapa bagian-bagian terpisah yang harus saling terhubung, misalnya saja server.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja web browser ini anda bisa memahami penjelasan berikut:

  1. User melakukan request pada web browser dengan memasukkan URL (Uniform Resource Locator). Misalnya www.google.com.
  2. Web browser kemudian melakukan translasi pada alamat URL yang diminta dan mendeksripsinya dalam DNS Server, sehingga web browser mendapatkan alamat IP Server.
  3. Alamat IP yang berhasil diperoleh kemudian dikirim kembali ke server yang ditentukan, lalu semua informasi dan data-data disimpan.
  4. Selanjutnya server akan memberikan informasi dan data-data yang dimasukkan ke browser web dalam bentuk kode, seperti html, css, php, dan sebagainya.
  5. Setelah menerima file dalam bentuk kode tersebut, maka selanjutnya adalah tugas browser web untuk menampilkannya dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami pengguna.

Begitulah cara kerja browser web yang mungkin belum pernah Anda alami. Dan perlu Anda bahas
bahwasanya semua proses diatas dilakukan dengan sangat cepat, sehingga tidak akan membuat para penggunanya merasa bosan atau kecewa.

Macam Macam browser web

1. Google Chrome

Siapa yang tidak kenal dengan browser satu ini. Google Chrome merupakan salah satu perangkat lunak
peramban web paling populer dan paling banyak digunakan oleh jutaan pengguna internet di dunia.

Bahkan peramban ini telah membalikkan seluruh masyarakat dunia dalam menjelajah dunia internet.

Chrome merupakan layanan browser web yang dikembangkan langsung oleh perusahaan Google untuk membantu mempermudah penggunanya dalam mengakses berbagai informasi di dunia maya.

Salah satu hal yang membuat orang tertarik untuk menggunakan layanan Google Chrome ini
adalah karena kemudahan, kenyamanan, dan layanan yang baik dan memuaskan.

Namun disamping itu, ada juga kekurangan dari perangkat lunak Google Chrome ini, yaitu penggunaan sumber daya yang lebih besar dari browser web lainnya.

Maka dari itu Google Chrome lebih layak untuk digunakan oleh komputer / PC yang memiliki kapasitas memori yang memadai.

2. Mozilla Firefox

Software browser web berikutnya adalah Mozilla Firefox. Di mana browser ini adalah browser paling diminati saat ini selain Google Chrome.

Kemampuan dan kinerja dari Mozilla Firefox ini dapat membantu sebagian dari Google Chrome, namun sayangnya kemampuan dari Mozilla Firefox ini tidak dapat disetujui atau kelebihan
kemampuan Google Chrome.

3. Opera

Nah untuk browser yang satu ini mungkin sudah tidak lagi bagi Anda yang pernah menggunakan HP Symbian.

Peramban web browser Opera ini lebih dikenal pada masa HP Symbian, sedangkan HP yang lebih menyeluruh menggunakan Opera sebagai peramban atau browser yang didukung.

Ada kelebihan dari peramban Opera ini, salah satu yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk menghemat data yang ditransmisikan, sehingga memudahkan Anda untuk menghemat 50% paket data yang digunakan.

Ada pula fitur Opera Turbo, di mana Anda dapat mengakses semua halaman web dengan sangat cepat tanpa adanya koordinasi.

4. Vivaldi

Mungkin ada sebagian besar orang yang belum mengenal peramban ini, namun perlu Anda ketahui bahwa Vivaldi merupakan peramban web yang cukup layak untuk digunakan.

Vivaldi sendiri merupakan peramban web yang mengedepankan pengalaman-pengguna di mana seluruh tampilan memiliki tampilan yang sangat besar dan membuat betah para penggunanya.

5. Microsoft Edge

Untuk Anda para pengguna sistem operasi Windows 10 pastinya mengenal browser satu ini. Microsoft Edge merupakan browser web default Windows 10.

Di mana peramban web ini memiliki kinerja yang cukup memuaskan untuk keperluan umum, demikian juga untuk penggunanya dapat mengakses berbagai halaman web dengan cepat.

Kesimpulan

Nah bagaimana sobat, apakah kamu sudah mengerti apa itu browser web? Jika kamu sudah membaca semua penjabaran diatas, maka pastinya mengerti kamu sudah tidak ragu lagi ya.

Karena saya rasa dijelaskan di atas sudah cukup jelas, dimulai dari pengertian, fungsi, cara kerja hingga
macam-macam browser web sudah disetujui oleh gamblang.

Kalau begitu, saya rasa itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.