Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Siapa sih yang tidak tahu Bung Karno ? tentu saja hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia tahu seorang Bung Karno presiden RI pertama kita. Penting sekali bagi kita untuk tahu apa saja perjuangan mereka untuk negara tercinta kita Republik Indonesia agar bisa merdeka bebas dari penjajah. Suatu bangsa akan besar apabila mereka mengingat dan menghargai jasa para pahlawannya. Pengertian sejarah menurut para ahli beragam, namun tetap dalam satu konsep yakni riwayat kejadian yang runtut yang telah terjadi sebelum generasi kita.

“Bangsa yang besar adalah yang menghargai sejarahnya.” Quotes seperti ini tentu banyak sekali ditemukan di beberapa buku sejarah dan diantaranya kita akan temukan bagaimana seharusnya yang dilakukan sebuah bangsa ketika mereka sudah independen dan merdeka dalam berbangsa dan bernegara. Sejarah bangsa sendiri dianggap menjadi penting untuk dipelajari karena di dalamnya ada rangkaian kejadian di masa lampau yang bisa memberikan cerminan kepada diri kita sendiri dan belajar untuk mencintai negara tercinta.

  • Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin

Dalam definisinya Muhammad Yamin mengatakan bahwa sejarah adalah ilmu pengetahuan yang telah diruntut sesuai dengan penyelidikan dari rangkaian peristiwa. Dengan begitu kita bisa membuktikan kenyataan sejarah tersebut

  • Pengertian sejarah menurut Mohammad Hatta

Menurut Hatta sejarah bukan memunculkan cerita atas kejadian yang telah terjadi melainkan sejarah itu sendiri adalah rangkaian peristiwa yang memunculkan masalah-masalah.

  • Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani

Sebagai orang yang paling berpengaruh di KAA Asia-Africa, ia mengatakan bahwa sejarah itu sendiri adalah sebuah ilmu yang berguna untuk menyelidiki secara rinci dan kritis atas rangkaian kejadian-kejadian agar bisa menjadi pelajaran sekaligus penentu untuk generasi jaman sekarang.

Pasti masih banyak dong diantara kalian yang mengatakan,”Kenapa sih harus belajar sejarah lagi ? kan itu udah lewat.” Atau mengatakan,”Ga penting belajar sejarah yang jelas udah lewat, sekarang ya sekarang.” Rasa-rasa seperti inilah yang harus ditiadakan untuk generasi baru jaman sekarang. Karena sudah menjadi kewajiban kita untuk mengerti bagaimana perjuangan para pahlawan nasional kita dalam memperjuangkan NKRI agar tidak jatuh ke tangan asing.

Belajar sejarah berdirinya sebuah negara bukan berarti belajar politik. Ada perbedaan mendasar antara belajar sejarah dengan politik. Banyak orang yang skeptis pandangannya terhadap ilmu politik, dan jangan sampai dicampur adukkan antara sejarah sebuah negara dengan politik di dalam negara tersebut, meskipun kemerdekaan yang diraih negara kita juga tidak lepas dari ilmu politik.

Setidaknya dengan tahu bahwa sejarah tidak sama dengan politik membuat kita lebih tertarik mempelajari lebih dalam ilmu sejarah. Dalam bahasa arab sejarah itu artinya adalah Sajaratun atau cabang-cabang. Disebut cabang sendiri karena ilmu sejarah ini sendiri merupakan sebuah pengembangan peristiwa yang merangkai hingga membentuk cerita panjang yang tak lepas hingga generasi jaman sekarang.

Lain halnya dalam bahasa Yunani dimana sejarah artinya adalah Historia. Familiar bukan dengan kata-kata Historia­, dalam bahasa inggris History. Dimana ini diartikan sebagai kejadian yang telah terjadi di masa lampau.

Rangkaian sebuah peristiwa yang seringkali terlalu panjang ini membuat banyak para generasi jaman sekarang sedikit yang mau belajar sejarah. Kemasan yang diberikan kepada para pengenyam bangku sekolah dasar juga kesannya membuat mereka ngantuk ketika membaca sejarah suatu bangsa. Makannya untuk bisa memberikan edukasi efektif terhadap generasi jaman sekarang perlu adanya sebuah kemasan pendidikan baru sehingga setidaknya mereka mengerti pengertian sejarah menurut para ahli. Tidak asal-asalan biang Love Indonesia tapi tidak tahu bagaimana perjuangan pahlawan nasional jaman dulu sampai sekarang.

Dari beberapa pengertian menurut para ahli yang disampaikan diatas tentu kita tahu ada perbedaan dalam penyampaian definisinya. Ada juga beberapa ahli lainnya yang memberikan penjabaran arti sejarah diantara lain,

  • Pengertian sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba

Sejarah menurut Sidi adalah peristiwa yang terjadi yang telah diruntut dengan ilmiah dan akhirnya membentuk sebuah storyline hampir utuh, hingga akhirnya orang bisa mengerti apa yang telah terjadi di masa lampau.

  • Pengertian sejarah menurut W.J.S Poerwadaminta

Poerwadaminta juga memberikan pendapatnya tentang pengertian sejarah yakni asal-usul peristiwa yang telah terjadi dimana telah diurai dan benar-benar dipelajari sebelum menyimpulkan apa yang telah terjadi di masa lampau.

  • Pengertian sejarah menurut Moh. Ali

Sebagai guru besar di suatu universitas ternama di Indonesia. Ali mengatakan bahwa sejarah adalah peristiwa yang telah benar terjadi dimana telah diselidiki kebenarannya dan kemudian bisa diajarkan kepada generasi jaman sekarang untuk bisa menjadi bahan evaluasi kedepannya.

Aristoteles sebagai filsuf telah meneliti beberapa peristiwa. Ia benar-benar runtut dalam melakukan sebuah penelitian dari kejadian awal hingga terbentuk sebuah kronologi yang bisa dilanjutkan pembuktiannya.  Aristoteles sendiri mengatakan bahwa sejarah merupakan record kejadian suatu individu atau kelompok organisasi yang telah melakukan kegiatan baik atau buruk.

Rangkaian peristiwa yang terjadi di masa lampau jika bisa dikumpulkan dan dibuktikan kebenarannya akan bisa berguna untuk kita di generasi saat ini. Beverley Southgate mengatakan bahwa sejarah tidak hanya bisa dinikmati namun juga secara moral bisa kita petik pelajaran sehingga kesalahan apa yang terjadi di masa lampau bisa dicegah untuk tidak terjadi lagi saat ini.

Dengan metode yang tepat ketika mengumpulkan informasi, ilmu pengetahuan sejarah ini juga harus dikuatkan dengan objektivitas dimana harus bersumber dari fakta/kebenaran. Bisa  mengambil beberapa saksi hidup jika memang masih ada. Jika semua dikumpulkan secara objektif maka bisa menghasilkan kesimpulan yang akurat atas cerita sejarah tersebut.

Henri Pirenne sejarawan asli Belgia juga memiliki pendapat yang tidak jauh beda. Pirenne sendiri telah menulis beberapa macam buku sejarah salah satunya adalah tentang sejarah multivolume di Belgia. Dengan begini kita menjadi tahu betapa pentingnya belajar sejarah karena dari apa yang telah terjadi kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik. Jika sebelumnya anda tahu bagaimana sejarah suatu bangsa terbentuk maka mulailah mencintai negera sendiri. Tidak selalu menyalahkan keadaan yang terjadi sekarang di negeri tercinta ini, namun kita juga harus sadar untuk menjadi lebih baik adalah peran bersama. Apa yang bisa kita lakukan itu berguna untuk dilakukan selama positif untuk bisa ikut menyumbangkan diri dan berperan sebagai manusia yang memiliki value terhadap negara aslinya.

Mulai dari sekarang berhentilah membanding-bandingkan negara kamu NKRI dengan negara lain. Namun jadikanlah negara lain pelajaran untuk kita hidup di negara asli kita. Apa saja yang harus dirubah dan diperbaiki jika perlu diperbaiki. Tidak ada yang tidak bisa, selama kita mau berusaha. Sekecil apapun sumbangan kita, usaha kita untuk negara ini tetaplah memiliki pengaruh dan tidak bisa kita remehkan jika semua orang mau bergerak untuk visi dan tujuan yang sama, Indonesia pasti bisa lebih maju dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *