Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

- Advertisement -

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

0

Pendidikan adalah dasar sebuah negara bisa berkembang. Tolak ukur negara yang maju tentu basicnya dari tingkat pendidikan para warga negaranya. Pengertian pendidikan menurut para ahli sendiri juga cukup luas, dalam bahasa inggris pendidikan adalah education atau edukasi dimana pembelajaran tentang semua aspek ilmu pengetahuan diberikan kepada seorang individu atau kelompok dan akan terus diturunkan kepada generasi-generasi penerus berikutnya.

Secara umum pengertian pendidikan adalah bagaimana seorang cendekiawan yang memiliki pengalaman dan ilmu yang cukup lantas secara sadar menyebarluaskan dan secara terencana melakukan/mewujudkan kegiatan belajar dengan generasi penerusnya. Peserta didik yang mendapatkan fasilitas pendidikan ini juga akhirnya bisa mengembangkan kekuatan diri sendiri, segala aspek tentang spiritual, kecerdasan, akhlak bisa dikembangkan hingga akhirnya mewujudkan generasi yang lebih berkualitas dari yang sebelumnya.

Pendidikan sendiri adalah proses yang memengaruhi seseorang dalam mencapai taraf hidup yang lebih baik. Jika kita kembali kepada pengertian pendidikan menurut para ahli saat ini ada ada beberapa pengertian yang dituliskan di beberapa literatur diantaranya,

  • Pengertian pendidikan secara etimologi (Educatum)

Etimologi yang diambil dari bahasa latin dimana disebut educatum. E sendiri artinya adalah pengembangan potensi diri dari dalam keluar. Sementara duco adalah tahap perkembangan. Disini jelas tersampaikan bahwa pendidikan adalah proses seseorang dalam berkembang menambah wawasan dalam hidupnya.

- Advertisement -

  • Pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pendidikan yang berasal dari kata dasar didik ini artinya adalah proses bagaimana seorang individu ditatar hingga dia berubah secara perilaku dan sikap hingga menjadi lebih baik. Proses pendewasaan ini tentu juga melalui proses pelatihan yang intens.

  • Pengertian pendidikan menurut UU

Pendidikan adalah sebuah usdaha yang secara sadar diwujudkan untuk bisa mendapatkan pengembangan yang lebih luas dalam diri. Dengan taraf pendidikan yang lebih tinggi harapannya akan bisa memberikan kontribusi kepada lingkungan sekitar dan diri sendiri.

Banyak pengertian lainnya yang bisa anda dapatkan dari beberapa literatur buku. Pentingnya pendidikan untuk disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat adalah harapannya agar negara tersebut bisa lebih maju kedepan. Negara yang ingin mendapatkan sebuah pengakuan sebagai negara maju harusnya lebih memperhatikan sumber daya manusianya. Percuma negara memiliki sumber daya alam yang besar jika sumber daya manusianya masih tidak mumpuni untuk mengelola sumber daya alam itu sendiri.

Dengan sumber daya manusia yang mumpuni maka negara tersebut tidak perlu mempekerjakan pekerja dari luar negeri. Semua sumber daya alam bisa diolah sendiri oleh anak-anak bangsa kita, dan hasilnya bisa dirasakan lebih besar dibandingkan jika mempekerjakan pekerja dari luar negeri. Semakin banyak pula tenaga kerja dalam negeri yang terserap sehingga semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan lebih luas tentunya untuk bekerja di tingkat sesuai dengan kemampuan SDM mereka.

Kesejahteraan sebuah keluarga yang dalam ilmu ekonomi disebut dengan ekonomi mikro tentu juga akan memengaruhi ekonomi yang lebih luas (makro). Dengan taraf pendidikan yang tinggi tentu saja ekonomi dan kesejahteraan sebuah keluarga bisa lebih besar dibandingkan dengan keluarga yang tidak terlalu sadar pentingnya pendidikan. Untuk mendapatkan taraf pendidikan yang tinggi tentu harus ada effort selain dari individu tersebut untuk bekerja keras, yaitu pemerintah yang sebisa mungkin memberikan ruang untuk beasiswa dan keringanan biaya pendidikan. Seringkali kasusnya terjadi adalah beasiswa diberikan kepada keluarga yang sebenarnya masih mampu untuk membiayai pendidikan anak mereka sendiri.

Kebanyakan para pekerja diluar sana yang bekerja di dalam negeri ini diambil karena memang secara SDM Indonesia belum mampu mengelola sumber daya yang ada. Itu sebabnya pekerja asing didatangkan ke Indonesia untuk bisa menurunkan sebagian ilmunya dalam mengelola sumber daya tersebut.

Beberapa pendahulu kita seperti Ki Hajar Dewantara, Ahmad D. Marimba, Driyarkara menyampaikan statement dan pengertian mereka terhadap ilmu pendidikan diantaranya,

  • Pengertian pendidikan menurut ki Hajar Dewantara

Bapak Pendidikan di NKRI ini telah menyampaikan bahwa pendidikan merupakan tuntutan seorang anak-anak untuk tumbuh dimana keilmuan itu dapat mengantarkan mereka kepada taraf hidup yang lebih baik. Sudah jadi kodrat manusia untuk terus belajar dan belajar.

  • Pengertian pendidikan menurut Ahmad D. Marimba

Menurut Marimba pendidikan adalah metode bimbingan yang didalamnya ada proses peningkatan pengembangan jasmani serta rohani.

  • Pengertian menurut Driyarkara

Pendidikan adalah wujud dari sebuah usaha untuk meningkatkan taraf hidup dan membuat generasi penerus kita lebih mandiri.

Dapat diambil kesimpulan bukan dari statement para ahli bahwa pendidika adlaah sangat penting dan merupakan sebuah keharusan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di dalam negeri. Kita bisa melakukan hubungan Internasional terhadap negara lain dengan melakukan pertukaran pelajar untuk bisa mendapatkan sharing ilmu yang lebih luas dimana ilmu ini nanti dapat dikembangkan oleh anak-anak bangsa kita agar segala aspek dan sumber daya bisa dikelola oleh masyarakat kita sendiri, dan tujuan akhirnya memajukan NKRI.

Jangan sampai nanti dengan ketertinggalan Indonesia dalam dunia pendidikan membuat kualitas peserta didik menjadi menurun dan tertinggal dengan negara lain. Kita jangan bicarakan tentang individu yang mampu dan berhasil di kancah Internasional hingga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia, namun kita khususnya pemerintah juga harus turut mengelola proses dan bagaimana pendidikan yang baik itu bisa berlangsung untuk bisa secara merata memberikan kualitas pendidikan yang sama. Harapan dari mendapatkan kualitas pendidikan yang sama adalah agar semua peserta didik bisa selesai dan mendapatkan ilmu yang sama.

Potensi setiap orang pastilah berbeda-beda, dalam memotivasi mereka para anak muda jaman sekarang tentu berbeda dengan bagaimana memotivasi generasi sebelumnya. Anak jaman sekarang lebih melihat kepada perilaku dan hasil, mereka akan mencontoh seseorang dari tindakannya bukan dari perkataannya. Mereka jauh lebih suka melihat hasil, dari sini kita harus tahu bagaimana mengelola pikiran mereka agar pendidikan bisa disampaikan secara efektif. Banyak para muda millenial saat ini yang suksesnya melebihi para generasi-generasi sebelumnya, tentu pendidikan dan keilmuan mereka entah dalam hal sains atau aspek lainnya yang mumpuni tentu juga dari bagaimana mereka tertatar dengan tantangan hidup itu sendiri.

Dengan ini penulis berharap bisa memberikan kontribusi untuk ikut menyadarkan para orang tua jaman sekarang untuk tidak ada berhentinya memberikan motivasi anak-anak mereka untuk belajar. Tidak ada yang salah memang jika anak lulus SMA/SMK lantas langsung diterima kerja di perusahaan swasta atau negeri, namun yang perlu ditanamkan ke otak mereka yang masih belia adalah untuk tetap belajar dan tidak berhenti belajar agar suatu saat mereka bisa step up. Hidup dengan lebih berkualitas dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi bahkan dari kedua orangtuanya. Ini semua demi Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta kita supaya maju dan tidak lagi tertinggal dari negara-negara lain yang tentu sudah bisa mengelola lebih banyak aspek sumber daya di negara masing-masing hanya dengan mengandalkan anak bangsa mereka.

Leave A Reply

Your email address will not be published.