Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

- Advertisement -

Pengertian Hubungan Internasional

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Dalam pengertian hubungan Internasional itu secara umum adalah bentuk interaksi antar dua negara untuk bisa bekerjasama di beberapa aspek sesuai dengan perjanjian yang telah disetujui. Hubungan antar dua negara ini mencakup aspek yang cukup luas, seperti keamanan, politik, dan ekonomi. Antar kelompok atau individu yang berada di negara berbeda juga bisa disebut dengan hubungan internasional.

Hubungan tidak selamanya berkaitan dengan hal yang baik-baik ya, bisa juga berkaitan dengan hal lain seperti perselisihan yang biasa kita lihat dan sangat sering ditayangkan oleh televisi. Selain itu media Internet juga memberikan banyak contoh konflik atau jenis hubungan Internasional lainnya yang terjadi antar negara. Berikut contoh hubungan Internasional yang pernah dan masih terjadi saat ini.

  • Perselisihan hubungan Internasional antara Palestina dan Israel

Palestina dan Israel adalah contoh perselisihan hubungan Internasional yang terjadi saat ini dimana Israel sedikit demi sedikit menguasai wilayah yang ada di Palestina. Biasanya adanya konflik seperti ini ada penengah yang berperan yaitu PBB atau (Perserikatan bangsa-bangsa) agar konflik yang terjadi tidak melanggar hak asasi manusia.

  • Perang dingin hubungan internasional antara Russia dan Amerika

- Advertisement -

Perang dingin bukanlah suatu bentuk perang yang tampak. Namun tentu terasa antara dua belah pihak negara. Seperti halnya Amerika dan Russia, perang dingin dalam bentuk konflik politik telah terjadi lama sekali. Mereka sama-sama negara yang memiliki “Big Power”. Tentu akan sulit jika kedua negara ini benar-benar berperang secara nyata.

  • Sengketa antara Jepang dan Korea

Perebutan pulau Senkaku yang terjadi sejak lama dari tahun 1969. Ketika ECAFE memberikan informasi kandungan hidrokarbon dalam jumlah besar di perairan Senkaku dan kemudian ketika Amerika Serikat mengakui bahwa pulau Senkaku adalah milik Jepang. China mulai memprotes dan ingin mengklaim bahwa pulau Senkaku adalah bagian dari milik negaranya. Sampai saat ini juga masalah tersebut masih belum selesai. Kedua negara telah beberapa kali mengadakan pertemuan untuk menemukan titik temu antar dua negara.

Dalam UU No 37 Tahun 1999 juga dijelaskan apa itu Hubungan Internasional. Hubungan Internasional merupakan sebuah interaksi yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan Internasional, dimana kegiatan itu bisa dilakukan pada level pemerintah daerah, lembaga negara, LSM, dan Warga Negara.

Beberapa ahli juga mengemukakan beberapa pendapat mereka yaitu tentang pengertian hubungan Internasional itu sendiri. Beberapa ulasan yang akan kami sampaikan adalah pedapat dari J.C Johari, Mohtar Mas’oed, Charles A. Mc Clelland, dan Tygve Nathlessen.

  • Pengertian hubungan internasional menurut Mohtar Mas’oed

Mohtar mejelaskan bahwa hubungan Internasional menurut dia adalah hubungan yang memperlibatkan beberapa bangsa yang sudah berdaulat dan tentu ada mekanisme untuk tidak saling menyalahi aturan dari masing-masing negera.

  • Pengertian hubungan internasional menurut J.C. Johari

Dalam pembelajaran tentang interaksi antar negara berdaulat kita akan menemukan hal-hal dimana 2 negera atau lebih memiliki maksud dan kebutuhan masing-masing yang tidak bisa dipenuhi oleh sumber daya mereka sendiri, itu kenapa mereka butuh support dari negara lain, pun begitu dengan negara lainnya. Selain itu juga interaksi internasional non negara, namun swasta atau individu yang saling berhubungan antar negara juga masuk kedalam jenis pengertian hubungan Internasional.

  • Pengertian hubungan internasional menurut Charles A. Mc Clelland

Dengan singkat disampaikan bahwa hubungan internasional ini adalah relevannya keadaan yang mengelilingi interaksi.

  • Pengertian hubungan internasional menurut Tygve Nathlessen

Dalam bagian ilmu politik, komponen dalam hubungan Internasional ini tidak lepas dari politik dengan cakupan luas (Internasional).

Jika dilihat dari beberapa sudut memang hubungan internasional ini tidak bisa dilepaskan dari kegiatan bernegara. Seperti contohnya di negara kita, adalah pemasok tenaga kerja ke luar negeri yang cukup besar. Kita telah memberikan kontribusi setidaknya di sektor Pembantu Rumah Tangga untuk bekerja diluar negeri. Banyak sekali orang-orang diluar negeri yang sibuk dengan bisnis dan pekerjaannya hingga tidak punya orang untuk dipekerjakan mengurus rumah, biasanya tenaga kerja tersebut diambil dari tenaga kerja yang ada di Indonesia yang biasa disebut juga dengan TKI.

Dengan berkembangnya teknologi, berkembangnya pemikiran dari warga negara itu sendiri, hubungan Internasional semakin luas cakupannya. Seorang warga negara dapat dikatakan melakukan kegiatan yang ada dalam sebuah pengertian hubungan Internasional ketika mereka membeli barang dari luar negeri secara online.  Warga negara yang hobi berbelanja barang dari luar negeri secara online juga berperan meningkatkan inflasi dalam perekonomian mikro.

Hubungan internasional ini diadakan untuk solusi, agar suatu negara yang tidak memiliki sumber daya tertentu bisa terbantukan oleh negara lain yang memiliki sumber daya melimpah. Tentu saja dengan pertukaran bisa dengan sumber daya lain atau dengan membeli sumber daya tersebut dan meningkatkan permintaan import dari negara yang kekurangan. Beruntunglah kita berada di negara Indonesia yang kekayaannya melimpah. Banyak sekali sumber daya alam kita yang bisa dimanfaatkan sendiri untuk memenuhi kebutuhan dari sebuah negara dengan total penduduknya mencapai kurang lebih 250 juta penduduk.

Namun juga jangan salah, meskipun Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang besar. Namun tetap kita membutuhkan sumber daya manusia yang mampu mengolahnya hingga bisa digunakan secara publik. Itulah mengapa Indonesia bekerjasama juga dengan negara lain untuk mengolah sumber daya alam yang ada. Dengan persentase yang tentu sudah dilakukan persetujuan antar negara terlebih dahulu. Dengan begitu kedua negara saling diuntungkan, dimana Indonesia bisa tetap mengolah dan merasakan sumber daya alam yang dimilikinya, dan negara lain yang memiliki sumber daya manusia mumpuni bisa mengolah dan merasakan hasilnya juga.

Ada hal-hal kompleks lainnya yang tidak bisa disampaikan dan dijelaskan dengan hanya 1000 kata saja. Kita perlu melihat hal lain seperti mengapa hubungan internasional bisa berdampak konflik. Dan ada negara yang sangat independen dan mengatasnamakan jati diri bangsa mereka adalah komunis. Sekedar informasi bahwa komunis itu adalah negara yang tidak menerima kerjasama dengan negara lain dan apapun yang dibutuhkan oleh warga di dalam negaranya dipenuhi sendiri.

Apakah kalian pernah mendengar tentang Korea Utara ? tentu saja sampai sekarang Korea Utara masih exist bahkan bisa menjadi negara yang paling ditakuti karena negara satu ini mendeklarasikan diri sebagai negara komunis. Mereka juga memiliki persenjataan nuklir berbahaya, hal inilah yang akhirnya membuat PBB singkatan dari Perserikatan Bangsa Bangsa bertindak tegas. Jangan sampai ada perpecahan yang tidak ada untungnya untuk negara lain apalagi peperangan nuklir yang bisa menjadi akhir dunia.

Selama negara tersebut mengerti dan bisa memahami budaya negara lain, dan mereka tidak melanggar peraturan yang telah disepakati, dirasa tidak akan antar dua negara atau lebih akan terjadi konflik. Karena konflik terjadi selalu berawal dari adanya pelanggaran entah dari kelompok atau oknum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.