Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

- Advertisement -

Pengertian dan Macam-Macam Resiko

0

Resiko adalah suatu hal yang akan kita tanggung apabila kita melakukan suatu kegiatan. Resiko selalu ada disetiap tindakan atau keputusan yang kita ambil. Resiko itu sendiri bisa kita hindari asalkan kita benar-benar bisa mempertimbangkan tindakan apa yang akan kita lakukan terhadap suatu permasalahan. Ada banyak cara penanggulangan resiko bergantung kepada masalah yang dihadapi. Beberapa contoh resiko yang mungkin akan kita temukan dalam kehidupan diantara lain adalah.

Resiko Kredit Barang

Jika kita melakukan sebuah aktifitas seperti kredit barang tentu saja kita akan menemui resiko seperti harga menjadi lebih mahal. Karena seperti yang kita tahu bahwa barang yang kita beli dengan cara kredit (pembayaran diangsur bulanan) akan memberikan total tagihan yang berbeda dibandingkan jika kita membeli secara cash (tunai). Keuntungannya kita bisa memiliki barang tersebut lebih cepat.

Resiko Individualis

Orang-orang yang memiliki pemikiran individualis cenderung tidak suka bekerja sama dalam tim ketika ia mendapatkan suatu tugas untuk menyelesaikan masalah. Dalam dunia pekerjaan tentu kita sebagai karyawan tidak bisa menerapkan sifat individualis ini karena bagaimanapun kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lainnya. Resiko yang muncul adalah kita bisa dikucilkan dengan tim lainnya, atau kita tidak akan merasa nyaman dengan tekanan beberapa orang lainnya karena sikap individualis kita.

- Advertisement -

Resiko Bekerja

Dalam dunia pekerjaan tentu ada banyak jenis pekerjaan yang memiliki tingkat resiko berbeda-beda. Semakin jobdesk nya mendekati praktek maka akan semakin berisiko karena orang-orang yang langsung bekerja di lapangan memiliki resiko lebih besar dibandingkan dengan yang bekerja di backoffice. Resiko bekerja contohnya adalah seperti petugas Pegawai Listrik yang ada di Indonesia, diantara mereka tentu mengantongi rasa tidak menyenangkan karena mereka adalah ujung tombak tatkala menghadapi resiko pemadaman.

Resiko Menikah

Jika sudah membahas tentang apa itu resiko, tentu saja segala aspek yang berkaitan dengan hidup ini memiliki resikonya masing-masing. Bahkan untuk hal yang membahagiakan setiap insan saja, Menikah merupakan wujud kebahagiaan tersendiri dimana di dalamnya tentu ada resiko yang harus ditanggung berdua oleh pasangan. Jika kita sudah menikah untuk para laki-laki maka mereka harus secara sadar dan bertanggung jawab menghidupi istri dan anaknya. Selain itu Seorang istri juga beresiko kurang tidur disaat kehamilan pertama, dan capek adalah salah satunya yang akan ditemukan oleh seorang istri.

Dengan ini kalian mulai mengerti bukan, bagaimana resiko itu selalu ada di setiap lini kehidupan kita. Disetiap tindakan atau keputusan yang kita ambil akan memberikan resiko tersendiri. Resiko besar yang mungkin diantara kamu pernah menghadapinya tentu akan menjadi pelajaran lebih baik kedepannya, apalagi jika kamu menemukan problema yang sama dengan maslaah sebelumnya.

Resiko besar lainnya yang perlu kamu ketahui adalah resiko dalam berbisnis. Tentu para pebisnis sangat mengerti detail resiko disetiap keputusan mereka dalam mengelola sebuah bisnis, entah itu ketika pembukaan pertama, penawaran yang diberikan kepada customer, lokasi bisnis, serta biaya karyawan yang akan dipekerjakan. Jadi jangan pernah lagi kalian meremehkan bos atau atasan kalian karena porsi pekerjaan mereka seperti keliatan sedikit dibandingkan kalian sebagai bawahannya.

Resiko bisnis yang besar akan ditanggung sendiri oleh seorang owner, jika usaha tersebut didirikan bersama maka akan dibagi merata resikonya dengan owner lain. Jika ada orang yang bekerja sebagai karyawan atau buruh dan mengeluh dengan gaji kecil, sementara bos yang tidak pernah kaliatan mendapatkan bagian besar dari pendapatan bisnis. Tentu saja hal itu terjadi karena resiko yang ditanggung olehnya juga besar. Jadi sebelum kamu mau mengeluh atau ngata-ngatain bos, dipikir dulu yaa.

Secara bahasa, resiko itu sendiri adalah tentang hal-hal yang tidak menyenangkan yang akan didapatkan oleh kita apabila kita melakukan sesuatu hal. Tidak ada dalam dunia ini tindakan atau keputusan tidak beresiko. Semakin besar level kamu dan pengaruh kamu, maka akan semakin dibutuhkan kamu dalam memutuskan suatu hal untuk menyikapi suatu masalah.

Semakin banyak pengalaman seseorang maka akan semakin besar pula tanggung jawab dia terhadap suatu masalah. Resiko yang besar akan memberikan prize yang tinggi pula untuk mereka yang berhasil melewatinya. Jika memang kita tidak bisa mengambil resiko besar, maka tantangan hidup kita tentu juga akan lebih mudah dan apa yang kita dapatkan juga tidak bisa lebih besar dibandingkan dengan orang lainnya. Orang-orang yang sukses tentu sudah melewati banyak sekali resiko yang di dalam hidupnya pasti sangat berat dibandingkan orang pada umumnya.

Jika keluar dari resiko seseorang dalam dunia bisnis maka kita berikutnya belajar tentang resiko seseorang dalam menjalankan aktivitas bekerja. Kita ambil contoh saja bekerja sebagai aparatur negara seperti seorang polisi. Polisi memiliki tanggung jawab besar dalam hal menjamin keamanan dan ketertiban antar warga sipil sehingga tercipta suasana yang damai dan tenteram. Jika ada konflik yang terjadi dimana sumbu nya diawali oleh seorang oknum, maka tanggung jawab polisi adalah mengamankan oknum tersebut dan mendinginkan situasi yang sedang panas. Tentu untuk melakukan hal tersebut seorang polisi akan menghadapi resiko yang berkaitan dengan keselamatan dirinya sendiri.

Aparatur negara lainnya yang bisa kita ambil contoh adalah seorang Tentara. Sebagai tentara yang memiliki kewajiban untuk mengemban misi bela negara dan bertugas di lini terdepan pertahanan negara tentu memiliki resiko yang tidak kalah besar dari seorang polisi. Jika ada konflik di beberapa wilayah maka dua ujung tombak ini polisi dan tentara akan menjadi lini pertama yang ditugaskan mengamankan situasi dan menyelesaikan konflik. Kebayang bukan bagaimana besarnya resiko mereka jika sudah berkaitan dengan nyawa. Belum lagi resiko meninggalkan keluarga terlalu lama.

Resiko pekerjaan lainnya seperti seorang pelaut juga adalah salah satu yang bisa kita tarik sebagai contoh bagaimana sebuah pekerjaan mulia ini memiliki resiko sangat besar jika sudah berkaitan dengan ancaman kehilangan nyawa. Seorang pelaut yang bertugas mengamankan wilayah kemaritiman sebuah negara tentu memiliki resiko besar selain resiko terbunuh oleh bajak laut, juga bisa saja mereka terancam saat ada badai besar ada bencana alam yang melanda di tengah pelayaran mereka ditengah laut.

Ada banyak hal dalam dunia pekerjaan lainnya yang memiliki resiko, pahlawan-pahlawan kita semua ini tentu memiliki kompensasi yang berbeda berdasarkan seberapa besar resiko yang akan mereka hadapi ketika bekerja. Tidak ada salahnya jika kita mengambila sebuah keputusan dengan resiko yang besar selama kita sanggup dan benar-benar mengerti resiko apa saja yang akan kita hadapi apabila nantinya kita gagal menyelesaikan masalah tersebut.

Tetaplah menjadi seseorang yang bijak dalam menimbang resiko yang akan kita hadapi agar kegagalan yang diterima tidak sampai terlalu merugikan diri kita sendiri. Dan terus belajar dari resiko yang ditanggung apabila kita gagal dalam menyelesaikan suatu masalah agar kedepannya kita bisa lebih cerdas dalam memutuskan suatu hal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.