Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

- Advertisement -

Pengertian Advertising, Fungsi dan Tujuan

0

Advertising adalah sebuah bentuk usaha dalam memperkenalkan produk yang mau dijual dan tentu saja dalam prosesnya akan membutuhkan media perantara entah itu personal (orang) atau melalui media elektronik jika di jaman modern seperti saat ini. Advertising sendiri dalam penyampaiannya memerlukan kreasi dan konsep agar apa yang disampaikan kepada calon customer/buyer bias langsung tepat mengena dan bisa dimengerti.

Seiring dengan semakin besarnya bisnis di bidang Advertising ini jadi semakin banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri menawarkan jasa beriklan kepada mereka yang memiliki produk/jasa untuk dijual kepada publik. Tentu setiap perusahaan memiliki strategi masing-masing agar client yang menggunakan jasa mereka bisa tertarik dan berakhir dengan kerjasama.

Ada beberapa hal yang membuat pertumbuhan bisnis di bidang jasa advertising ini terus berkembang. Sebelum membahas itu mari kita ketahui dulu penjelasan tentang apa itu Advertising beserta fungsi dan tujuan serta manfaatnya.

  • Apa itu Advertising

Advertising adalah sebuah bentuk usaha untuk menyajikan materi yang menarik dimana konten didalamnya tentu berisi tentang memperkenalkan sebuah produk atau jasa. Dengan mengekspresikan konten yang berisi penuh dengan solusi agar para customer/buyer mendapatkan apa yang diinginkan lantas akan semakin membuat produk/jasa tersebut dikenal oleh orang banyak.

- Advertisement -

  • Fungsi Advertising

Tentu akan mati rasanya sebuah usaha dalam berjualan atau menawarkan jasa dilakukan tanpa menggunakan iklan sama sekali. Disini Advertising adalah usaha yang termasuk di dalamnya iklan untuk bisa mengenalkan produk/jasa tersebut ke publik. Fungsi penting Advertising disini juga agar para masyarakat atau calon customer/client bisa ter-edukasi dengan adanya setiap pamflet atau media iklan yang mengenalkan produk/jasa tersebut.

  • Tujuan Advertising

Banyak sekali pelaku usaha yang menggunakan jasa Advertising ini untuk berbagai macam tujuan. Inti dari semua model atau cara beriklan (Advertising) ini adalah untuk bisa menaikkan omzet penjualan baik itu produk/jasa. Dengan meningkatnya omzet tersebut diharapkan perusahaan yang memproduksi produk/jasa tetap bisa sustain dan berjalan usahanya.

Jika diantara kalian banyak yang menanyakan tentang apa itu Advertising Agency, ada banyak sekali jenis agency yang ada dimana masing-masing memiliki ciri khas dalam medianya berkreasi mengiklankan sebuah produk atau jasa. Semakin besar agency biasanya semakin luas juga koneksinya dan kreativitasnya dalam mengiklankan produk/jasa dari seorang klien. Secara mandiri agency ini terus mencari klien untuk bisa membantu dan memberikan solusi kepada mereka agar produk/jasa mereka dikenal masyarakat luas.

Tentu saja di jaman dulu belum ada media iklan digital seperti saat ini dan opsi untuk beriklan juga masih sangat monoton. Semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak pula cara untuk beriklan. Dengan pola iklan yang hampir mirip-mirip jika kita lihat di media pertelevisian biasanya akan memberikan kesan monoton, oleh karena itu digital agency semakin mengembangkan cara mereka dalam memperkenalkan sebuah tontonan iklan yang lebih menarik dari sekedar iklan biasa.

Iklan atau Advertising adalah bagian dari Marketing. Seorang marketer tentu sangat mengerti bagaimana meriset pasarnya sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan. Agar produk tersebut ditayang atau dipasarkan sesuai pada tempatnya seorang marketer juga membutuhkan data yang akurat dari wilayah-wilayah dengan minat orang-orang yang dituju untuk dikenalkan produknya. Jika dilihat di model pemasaran seperti dulu kita masih menemui yang namanya pemasaran door-to-door. Dengan pemasaran door-to-door tentu sebuah perusahaan akan membutuhkan biaya atau budget beriklan lebih besar. Mereka membutuhkan hire orang yang lebih banyak untuk menyebarkan informasi tentang produk/jasa mereka dari rumah ke rumah dari pintu ke pintu.

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi saat ini, Internet menjadi jendela baru bagi para marketer. Tentu adanya internet ini bisa membuat perusahaan bernafas lega karena akan beda rasanya jika sudah menggunakan jasa yang telah memahami betul cara beriklan di Internet. Internet saat ini sudah bukan lagi untuk memberikan informasi perang dari satu negara ke negara lainnya seperti di perang dunia. Semakin berkembangnya Internet, bahkan seseorang bisa berbelanja dari jarak jauh hanya dengan perantara Internet.

Adanya Internet saat ini mengumpulkan data potential customer menjadi lebih mudah karena semua habit atau kebiasaan browsing kita telah direcap oleh Internet. Internet sendiri yang emberikan jasa untuk beriklan ada Facebook dan Google. Keduanya memiliki database client dan consumer yang besar sekali, database ini sangat penting untuk digunakan sebagai variable dimana iklan suatu produk khusus ditayangkan. Tentu sebaik-baiknya produk atau jasa yang kita tawarkan tidak bisa membuat semua orang menyukainya hingga membelinya karena tidak semua orang membutuhkannya.

Dengan adanya peran digital akhirnya ada sebutan sendiri untuk seorang digital agency menawarkan jasa Advertising mereka yaitu dengan nama Digital Advertising atau Digital Marketing. Digital Marketing ini menawarkan sebuah jasa untuk beriklan melalui perantara media Internet. Facebook yang sudah hampir 2 Milyar pengguna saat ini memiliki banyak sekali data yang bisa digunakan sebagai variable seseorang untuk menawarkan sebuah produk. Facebook sendiri memberikan fitur untuk mem-filter variable tersebut berdasarkan gender, pekerjaan, barang yang disukai, hobi mereka, bahkan hingga sekolah mereka dimana. Data ini secara tidak langsung dijual untuk kepentingan para pebisnis dan facebook sendiri namun tetap bermanfaat bagi para pengguna facebook karena dengan ini mereka cenderung akan menemui iklan yang relevan dengan apa yang mereka sukai.

Google juga tidak kalah memberikan fitur iklan yang disebut dengan google ads. Google juga mengambil beberapa data yang digunakan untuk memberikan layanan beriklan melalui internet. Para pelaku usaha/bisnis saat ini sudah tidak perlu lagi beriklan melalui baliho yang sangat besar dengan budget yang tentu sangat mahal. Dengan metode lama yang masih menggunakan baliho raksasa, pelaku bisnis yang menggunakan jasa Advertising tidak bisa mengetahui pasti siapa saja yang tertarik dengan produk atau jasanya, siapa saja yang benar-benar melihat iklan produk/jasanya. Namun, dengan adanya jasa digital advertising saat ini para klien bisa mengetahui betul siapa yang tertarik, siapa yang melihat, dan darimana saja lokasi mereka berada.

Budget yang ditawarkan oleh Google dan Facebook juga bervariasi dan bisa dengan budget seminimal mungkin. Namun, tetap saja untuk keefektifan iklan yang ditayangkan melalui media Internet ini masih membutuhkan orang yang expert atau setidaknya mengerti dasar beriklan di dua media besar yang ada di Internet ini. Tidak semua orang akan berhasil jika belum mengerti betul cara beriklan di Internet. Kebanyakan dari mereka yag asal beriklan hanya akan merasakan “boncos” atau tidak ada revenue dari iklan yang sudah ditayangan. Itu kenapa perlu untuk kita belajar atau menggunakan jasa Advertising agar uang atau budget yang kita keluarkan efektif dan ada hasilnya. Jika beriklan terus tanpa hasil, pelaku bisnis tersebut bisa collapse karena kehabisan uang karena tidak ada pendapatan dari iklan yang sudah ditayangkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.