Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Mindfulness

0

Mindfulness

Sering sekali kita tidak menyadari bahwa apa yang kita lakukan berada dalam tingkat yang lebih tinggi pada suatu pekerjaan atau tidak. mulai dari memahami aturan suatu pekerjaan, rutinitas suatu pekerjaan, sampai konsistensi pekerjaan yang dilakukan. akan ditetapi semua itu tidak terlepas dari suatu tingkat stres yang tinggi sampai dengan rendah.

Seri kali ini kita akan bahas mengenai Mindfulness( Kesadaran Penuh).

Mindfulness (kesadaran penuh) adalah keadaan pikiran yang berfokus pada pengenalan tentang apa yang dirasakan pada saat ini, tanpa melalui penilaian. Mindfulness berarti membawa perhatian ke momen saat ini, sambil menerima dan mengenali segala pikiran, emosi, dan perasaan fisik apa pun.

Adapun beberapa manfaat dari praktik ini sebagai berikut

  • Merasa lebih terhubung dengan diri sendiri, baik secara fisik maupun emosional
  • Kesadaran emosional yang lebih besar tentang diri sendiri dan individu di sekitarnya
  • Pemahaman yang lebih baik tentang emosi diri dan penyebabnya
  • Pengurangan stres

Banyak proses otak manusia yang tidak diperhatikan dan dipikirkan secara sadar. Mindfulness adalah proses yang membawa perhatian kita terhadap pengalaman-pengalaman ini. Ini dapat mencakup membawa kesadaran terhadap pengalaman indrawi, seperti mendengarkan suara-suara di sekitarnya. Kita juga dapat memfokuskan perhatian pada proses-proses tubuh otomatis, seperti pernapasan.

Contoh lain dari mindfulness adalah dengan tidak menghakimi ataupun mengamati apa emosi yang ada dan bagaimana rasanya secara fisik di dalam tubuh. Proses ini dapat melatih pola pikiran menjadi lebih baik dalam mengenali perasaan dan pola pikir yang mungkin terabaikan, sehingga kita bisa lebih memahami diri sendiri.

Latihan

Beberapa latihan ataupun praktik yang dapat dilakukan dengan metode ini

  • Perhatian. Sulit untuk memperlambat dan memperhatikan hal-hal di dunia yang sibuk. Cobalah luangkan waktu untuk mengalami lingkungan Anda dengan semua indera Anda – sentuhan, suara, penglihatan, bau dan rasa. Misalnya, ketika Anda makan makanan favorit, luangkan waktu untuk mencium, merasakan dan benar-benar menikmatinya.
  • Terima dirimu. Perlakukan diri sendiri dengan baik. Fokus pada pernapasan Anda. Ketika Anda memiliki pikiran negatif, cobalah duduk, tarik napas panjang dan tutup mata Anda.
  • Hidup di saat ini. Cobalah untuk secara sengaja menghadirkan perhatian terbuka, menerima, dan cerdas terhadap semua yang Anda lakukan. Temukan sukacita dalam kesenangan sederhana.

Kesimpulan

Tidak salahnya untuk mencoba metode ini. Dalam kata lain temukan sesuatu dalam bahagia yang dapat membuat kita lebih bebas dan tenang dalam menjalani hidup ini.

 

Salam Bebas.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.