Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Makanan Sehat & Menghangatkan saat musim hujan

Makanan Sehat & Menghangatkan

0

Makanan Sehat & Menghangatkan saat musim hujan

Diawal 2020 ini sudah banyak terjadi musim hujan yang tidak menentu di berbagai daerah di Indonesia. Maka dari itu kita harus tetap menjaga kondisi agar tetap optimal dan fit selagi beraktifitas. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menghangatkan tubuh. Baik itu membuat sendiri dengan melihat tutorial di media sosial ataupun membeli di pasar/swalayan dekat rumah.

Tentu tak jadi soal jika makanan ini dikonsumsi sesekali. Tetapi ketika Anda merasa harus selalu melampiaskannya setiap hari karena hujan yang terus turun tentu bisa menjadi masalah. Oleh karenanya, pilihlah hidangan yang bernutrisi namun rendah kalori.

 

Berikut rangkuman 5 makanan sehat & menghangatkan yang telah diulas Mediabebas.com  yang khusus buat kalian.

 

1.  Sup Ayam

resep sup ayam bening

Untuk cuaca dingin maupun panas, sup selalu memberikan kenikmatan tersendiri.  Untuk resep sup ayam bening yang satu ini, protein utamanya adalah ayam yang direbus. Proses masak direbus saja sudah jelas lebih sehat daripada digoreng misalnya. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah berbagai macam sayuran yang dipotong sesuai ukuran gigitan. Kaldu yang semakin lama mengendap juga membuat kuah semakin sedap rasanya. Jadi kalau sudah beberapa hari juga, cukup tambahkan ayam baru atau sayuran segar maka sup kembali bisa dinikmati

Bicara lama waktu memasaknya juga ternyata tidak yang bakal menghabiskan waktu kamu. Hanya dalam sekitar 40 menit saja semuanya bisa siap, asalkan sebelumnya sudah disiapkan juga potongan sayuran bahkan air kaldunya agar lebih meresap lagi rasanya. Selebihnya hanya menunggu matang dan sup ayam sederhana ini siap dinikmati seluruh keluarga. Tambahkan kerupuk udang atau protein lainnya agar lebih nikmat lagi. Kebutuhan sayur kamu sudah terpenuhi hanya dengan hidangan yang satu ini.

2. Cap Cay

resep cap-cay sayuran

Dialek Hokkian yang sering disebut “aneka ragam sayur”. Cap cai adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran khas.

Cap Cai  idealnya, tetap siapkan beberapa sayuran inti yang selalu dipakai seperti kol putih, brokoli, kapri, sawi, jamur, dan wortel. Selebihnya, terkadang ada yang menambahkan jagung muda, daun bawang, ayam, udang, cumi, dan sebagainya.

Semakin banyak memang rasanya semakin lezat, tapi cap-cay sendiri bila tepat takaran bumbunya saja sudah dijamin lezat dan anti gagal. Kalau ingin lebih cepat, jelas penggunaan merica bubuk ternama  akan sangat membantu.

3. Soto

Soto Ayam

Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing.

Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, ketupat, mie, ataupun lontong  Untuk menambah kenikmatan soto, biasanya juga disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk,emping, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, suwir ayam  berbagai macam gorengan (tempe, tahu, bakwan) dan koya.

4.Sayur Asem

Hasil gambar untuk sayur asem

Sayur Asem merupakan salah satu makanan yang sering dihidangkan masyarakat Indonesia dalam setiap menu masakan ibu dirumah.

Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, melinjom belimbing sayur, labu siam, kacang panjang , dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini.

Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan Sering juga masakan ini disajikan dengan sambal.

Masakan ini masih menyerupai tom yam, yang merupakan masakan Thailand, walau sayur asam lebih menggunakan sayur-sayuran daripada makanan laut.

5. Baso

Hasil gambar untuk baso

Makanan terakhir yang akan kita ulas adalah Baso atau sering kita sebut Bakso. Bunyi khas gerobaknya ataupun baunya yang kita sudah tahu membuat perut kita ingin mengisi secepatnya

Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ikan, ayam, sapi bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi kuning, bihun , taoge, seledri dan terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng atau cap cay.

 

Demikian sedikit ulasan mengenai  makanan sehat & menghangatkan di kala musim hujan. simak konten lainnya disini

 

Sumber lain : https://www.wikipedia.org/

Leave A Reply

Your email address will not be published.