Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

- Advertisement -

Ikigai Filosofi & Rahasia

0

Ikigai Filosofi dan Rahasia Hidup Orang Jepang.

Panjang umur merupakan anugerah yang diberikan pada manusia untuk memiliki peluang dalam  hidup khusus atas kesehatan yang diberikan untuk terus hidup bahagia, tanpa tekanan, bebas melakukan apa saja.

Sama seperti penulis ini yang terkadang jarang bangun pagi, entah apa yang dimaksud. bangun pagi yang tidak dapat beranjak dari kasur karena tidak siapnya untuk memulai aktivitas dari pagi berjumpa pagi.

Hal itu memunculkan kita untuk  mempertanyakan, Memulai pagi dan siap beraktivitas? Bagaimana ini? Bagaimana itu? juga berpikir lain.

Mungkin kita dapat mengenal istilah ‘IKIGAI’, sebuah nilai hidup yang lahir dari kebiasaan ‘orang negeri matahari terbit’. orang jepang  menggunakan pemikiran ini agar membuat mereka lebih bersemangat lagi menunjang hari.

- Advertisement -

Ikigai menjawab pertanyaan dasar yang sebelumnya dibahas, “Mengapa saya hidup” ?.

Meskipun kebiasaan orang Jepang sangat teratur dan bersih, tekanan hidup buat penduduknya juga terbilang sangat tinggi.

Sebagai contoh Saat ini akan bekerja, mereka sudah dihadapkan dengan kondisi berdesak desakan di dalam kereta sampai pindah lokasi kerja.

Selain itu, para penduduk di sana dituntut untuk berdedikasi penuh pada pekerjaan.

Dengan tekanan hidup seperti itu, Ikigai menjadi kunci dari alasan mereka untuk tetap bertahan hidup dan hidup bahagia saat bangun pagi. Lantas Bagaimana konsep Ikigai ini?

Istilah Ikigai artinya dari ‘ Iki ‘ artinya kehidupan dan ‘ Gai ‘ artinya nilai. jadi ikigai adalah tujuan dan nilai hidup untuk siap dalam memulai hari.

Dalam Ikigai sendiri ada 4 irisan yang mana semuanya harus memiliki keterikatan  agar yang kita kerjakan sesuai dengan tujuan dan nilai hidup. 

Sederhanya seperti ini,

Konsep Irisan Pertama berbicara tentang apa yang kita lakukan itu kita cintai dan kita menguasainya, itu dinamakan gairah.

Pada irisan kedua diperlukan jika kita melakukan itu kita cintai dan sesuai dengan yang dibutuhkan banyak orang, itu dinamakan misi.

Pada irisan ketiga adalah apa yang kita lakukan itu kita menguasainya dan kita mendapatkan bayaran disetujui, itu dinamakan profesi.

Terakhir pada irisan, apa yang harus kita lakukan kita mendapatkan bayaran yang diperlukan dan sesuai dengan yang dibutuhkan banyak orang, itu dinamakan pekerjaan.

selanjutnya yuk kita renungi dengan bertanya pada diri sendiri tentang hal di bawah ini. 

tidak perlu disebarluaskan. cukup jujur ​​pada diri sendiri saja dan renungi pada diri sendiri.

  1. apa yang kamu cintai?
  2. bagaimana kemampuan yang ada di dirimu?
  3. Dibutuhkan oleh dunia ini?
  4. dapat memberimu timbal balik?

Gairah atau  gairah  adalah gabungan dari apa yang kita cintai dengan kemampuan kita. Misi adalah gabungan dari apa yang kita cintai dengan kebutuhan dunia. Sementara profesi merupakan kemampuan kita yang menghasilkan timbal balik. Pekerjaan yang dibutuhkan dunia dengan timbal balik yang bisa kita dapatkan dengan melakukan. Timbal balik tidak cuma soal uang,  soal pengalaman atau jabatan.

Dapat dibilang konsep ‘ Ikigai’ ini sederhana, asalkan dari diri sendiri akan teruskan dan tetap hidup dengan baik.

Apakah dari penjelasan tadi terdengar rumit? tidak kok. Ikigai  serum yang diharapkan, bahkan bisa muncul dari hal yang dianggap sepele dan tidak penting. Ada lho orang yang  ikigai- nya sesederhana ingin makan enak setiap hari. Asal hal itu bisa bikin kita bahagia dan menemukan makna hidup setiap hari, bahkan bisa dari hal kecil.

dengan begitu, bisa kalian dapat  melihat hal referensi buku tentang konsep Ikigai itu sendiri disini

sebagai kesimpulan, kalian harus tetap maksimal mencari Ikigai serta tidak lupa jaga kondisi kamu ya

Selamat menemukan Ikigai  kalian  dan jangan patah semangat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.