Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Feynman Teknik

0

Teknik Fenyman

Belajar sesuatu itu sangat membosankan.

Belajar sesuatu itu sangat membosankan.

Barangkali kita pernah berfikir bahwa menyelesaikan sebuah tugas dengan menyita waktu yang banyak namun belum paham sampai batas waktu.

Di Zaman yang dimana serba cepat ini, barangkali butuh pembelajaran yang cepat apalagi inginnya sesuai dengan keinginan kita agar tidak tertinggal informasi yang terus update.

Misteri ini akhirnya coba dipecahkan oleh salah satu profesor terkemuka asal Amerika, Richard Philllips Feynman. Ia adalah adalah seorang fisikawan dan juga terkenal sebagai edukator. Banyak karya-nya juga yang sudah diterapkan di berbagai institusi maupun khalayak umum

Disini kita akan membahas secara umum tekniknya. karena sebelumnya kita sudah melihat salah satu penerapannya di dalam metode delebrate practice

Metode yang umumnya di dengar ialah Learning by Teaching. apa itu learning by Teaching?

Secara simple dan inti dari metode adalah mempelajari sesuatu dengan menyederhanakan materi belajar apapun yang hendak dipelajari, sambil berpura pura mengajari hal tersebut kepada orang lain. Metode ini sendiri dipakai oleh Richard Feynman disaat ia harus mengikuti ujian di kampusnya, Universitas Princeton

 

Ada beberapa langkah mudah yang sudah dirangkum dibawah ini

1. Pilih materi yang kamu pelajari, simak dan catat poin utama dari materi tersebut di kertas kosong. Dalam kata lain kamu tidak akan lupa apa yang kamu catat dengan menandakan mau yang kamu pahami dan mana yang tidak.

2. Berpura puralah sedang mengajarkan materi tersebut pada orang lain. Nah ini kalian boleh coba dengan permisalan, kamu mengajarkan materi yang kamu pelajari sesederhana mungkin kepada anak kelas 3 SD, agar kamu dapat tahu letak dari suatu penyampaian dalam mengajarkan yang baik dan benar.

3. Buka kembali buku catatanmu/ oret oretan . dikala  kamu merasa kesulitan di beberapa bagian kamu bisa baca kembali dan ingat dengan lebih baik.

4. Gunakan analogi untuk menghubungkan antar konsep yang kamu pelajari dengan hal yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Kamu bisa lakukan dengan memberikan istilah yang bisa disederhakan dengan teman sehari hari atau istilah yang dapat memberikan semua yang kamu pahami dapat dimengerti orang lain

Kesimpulannya, kamu dapat mencoba melakukan hal hal baru. memperdalam pemahaman yang pernah kamu pelajari, dan mengingat sebuah konsep. entah itu dilakukan dalam persiapan ulangan, presentasi, olimpiade, karya tulis. Kalian suka baca karya lain kami disini.

Salam Buat Karya dengan bebas

 

referensi:
https://saintif.com/belajar-cepat-teknik-feynman/#

https://rencanamu.id/post/life/how-to/metode-feynman-empat-langkah-praktis-untuk-belajar-segala-hal

Leave A Reply

Your email address will not be published.