Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Enneagram personality

0

Enneagram personality

Mungkin orang awam dengan istilah Enneagram Personality namun istilah ini memiliki persamaan loh dengan beberapa nama kepribadian yang sering kita jumpai di berbagai situs maupun obrolan antara orang dengan psikolog.

Enneagram sendiri berasal dari kata ennea yang berari ‘sembilan’ dan gramma yang berarti ‘gambar’ yang bisa dikatakan bahwa deskripsi dari jiwa manusia yang dipahami dan diajarkan sebagai formasi dari sembilan tipe kepribadian manusia yang saling berhubungan.

Asal usul dan teori yang terkait dengan tipe kepribadian ini adalah perihal konflik. Melalui penggolongan jenis kepribadian, enneagram mendefinisikan sembilan tipe kepribadian di dalamnya ( disebut sebagai enneatypes), diwakili oleh kumpulan titik yang dirangkai dalam bentuk geometrik, yang menunjukan hubungan antarjenis kepribadian . Ada pula berbagai aliran pemikiran di antara pencetusnya. Maka dari itu, Ide mereka bisa jadi berbeda satu dengan lainnya.


Enneagram kepribadian telah digunakan secara lusa, baik dalam maanjemen bisnis dan konteks spiritual melalui seminar, konfrensi, buku, majalah dsb. Dalam konteks bisnis, enneagram umumnya digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang dinamika interpersonal di tempat kerja yang membantu dalam kesadaran diri, pemahaman diri, serta pengembangan diri. Hasil penelitian dengan enneagram banyak digunakan dalam ragam keperluan, meskipun demikian tidak semua menerima keberadaanya.

Sembilan kepribadian enneagram tidaklah statis. Enneagram mencermikan perubahan karakter pada manusia dari waktu ke waktu. Enneagram biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu lingkaran, segitiga pada dalamnya ( menghubungkan 3-6-9) dan membentuk heksagonal tak beraturan (menghubungkan 1-4-2-8-5-7)

 

https://en.wikipedia.org/wiki/Enneagram_of_Personality

Dalam pembacaannya, setiap titik pada enneagram saling terhubung dengan dua titik lainnya. Titik ini adalah hal yang diposisikan sebagai hal positif dan negatif . Jika mendapatkan positif (integrasi) atau negatif (disintegrasi), maka akan terjadi perubahan arah. Sebagai contoh bila tipe 1 sewaktu bertumpu dia akan bergerak menuju tipe 7, akan tetapi sebaliknya jika tidak bertumbuh , ataupun  dia akan memutar ke arah titik 4 (Tabel Enneagram), ini disebut dengan arah integrasi atau pertumbuhan. Dalam enneagram, situasi berbeda akan menimubulkan berbagai macam respon dan cara adaptasi karena kepribadian yang dimiliki.

Kesimpulan 

Banyak sekali yang dapat kita pahami dari salah satu metode memahami tipe kepribadian pada manusia. Mulai dari karakteristik, sifat, perilaku dsb. kalian juga bisa membaca tulisan lainnya disini

Salam Bebas

Leave A Reply

Your email address will not be published.