Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Delibrate Practice, Disiplin Ilmu

0

Delibrate Practice, mungkin masih terdengar awam  karena masih banyak yang belum tahu rahasia dan kunci yang ada di dalamnya.

Berbicara tentang Delibrate Practice,sebelumnya sudah pernah dibahas di salah satu Media konten pembelajaran online ternama di Indonesia, Zenius.

kalian dapat membacanya artikel-nya disini

Delibrate Practice adalah sebuah disiplin ilmu dalam memahami sebuah ilmu yang dilakukan secara menyenangkan dan terus menerus. dalam hal ini dikatakan bahwa dengan melakukannya dapat meningkatkan skill dan goals menjadi tertata.

Ada beberapa sumber buku yang menjadi sumber wawasan dasar untuk melakukan metode ini.

Dalam buku The Role of Deliberate Practice in the Acquisition of Expert Performance, Anders Ericsson mengenalkan empat elemen Deliberate Practice.

Pertama yang harus dilakukan ialah Motivasi. Anda harus memiliki Motivasi tinggi dalam melakukan metode ini.

Motivasi diibaratkan sebagai dasar dalam melakukan metode ini karena akan memunculkan pemikiran ‘Why/Kenapa’ anda harus melakukan metode ini.

Kedua yang harus dilakukan ialah Sasaran dan Latihan Terencana.

Target apa yang ingin anda capai melalui metode ini. misal anda ingin nilai fisika anda naik dari 60 menjadi 85 maka harus pula disertakan dengan latihan terencana yang baik. Tidak perlu banyak hal  dalam melakukan latihan terencana karena anda perlu porsi yang sesuai dalam melakukan tugas tersebut

Ketiga, Umpan Balik/Feedback segera

Anda perlu mendapat informasi tentang performa Anda secepatnya. Sehingga Anda mengetahui apa yang perlu diperbaiki dari performa Anda. Seperti contoh tadi misalnya anda ingin meningkatkan nilai fisika anda koreksi dengan segera mungkin.seperti metode rumus yang digunakan, teknik pemahaman yang sesuai. Sehingga anda dapat koreksi ke tingkat selanjutnya.

Keempat, Pengulangan /Repeat

Rumus yang padat dirangkum dengan baik, tentunya bisa. Perlu diingat, bukan sekadar mengulangi namun pengulangan dengan perbaikan. Fokus pada hal yang perlu Anda perbaiki supaya performa Anda semakin baik. Bukan sebaliknya, mengulang-ulang hal yang sudah Anda mampu lakukan secara otomatis.

Dapat disimpulkan pula secara sederhana, Metode pembelajaran ini mudah dipelajari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.