Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Browser dan Search Engine

0

Pengertian Browser dan Search Engine – Di era perkembangan internet yang semakin maju, juga dibarengi dengan peluncuran berbagai teknologi baru, seakan semakin membuat segala kegiatan yang dilakukan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Dalam hal ini, internet memegang peran yang amat menunjang.

Ya, memang tidak terelakkan lagi jika setiap apa yang dilakukan oleh kita sehari-hari pastilah memiliki relasi yang kuat dengan peran internet. Baik pekerja ataupun pelajar, baik anak-anak sampai orang dewasa, semuanya membutuhkan peran internet.

Internet mempermudah komunikasi dan juga dimanfaatkan orang banyak sebagai saluran penyampai informasi yang lebih luas dan fleksibel. Dalam penerapannya, tidak diragukan lagi jika pengaplikasian internet sungguh luar biasa.

Contoh dari pengaplikasian internet itu sendiri seperti, Browser dan Search Engine. Sebelum ke pokok yang lebih jauh, mari telusuri terlebih dahulu apa itu Browser dan Search Engine. 

  1. Browser

Browser atau yang bisa disebut juga dengan ‘Internet Web Browser’ adalah suatu program atau aplikasi yang biasa digunakan untuk menjelajahi Internet atau sekedar untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web ataupun Blog. 

Pada awal kemunculannya, Browser sebenarnya hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar atau media lainnya selain daripada teks. Namun seiring perkembangan zaman yang mendorong kemajuan sistem teknologi, Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Selain daripada itu, Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, serta menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif dan luas di jaringan internet.

Karena pemanfaatan dan pengaplikasian nya yang cukup fleksibel, Browser sampai dijuluki sebagai jembatan antara pengguna Internet dengan Internet itu sendiri. Bisa dibayangkan jika tanpa Browser ini akan sangat mustahil para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan Browser ini juga, para pengguna Internet dipermudah dan dimampukan untuk dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah dan juga praktis.

  1. Search Engine

Sudah bukan rahasia umum lagi, semua orang sudah tau bahwa Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tidak terbatas, dalam arti kata cukup luas. Beragam informasi telah disimpan di internet, apapun itu. Informasi di internet selalu diupayakan agar begitu lengkap dan sangat banyak memberi keuntungan, sehingga kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Namun di satu sisi, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan tersendiri saat kita mencoba untuk mencari halaman tertentu.

Untuk memecahkan masalah tersebut, maka dibuatlah suatu program yang notabenenya didedikasikan untuk memudahkan kita dalam mencari halaman di internet. Program tesebut dikenal dengan nama ‘mesin pencari’ atau Search Engine.

Search Engine adalah sebuah program yang diciptakan agar bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Search Engine mempunyai sebuah basis data/database yang memuat semua item yang ada di internet dan juga halaman-halaman web yang menyimpan berbagai informasi yang berhubungan langsung dengan item-item tersebut.

  1. Perbedaan Antara  Browser dengan Search Engine

Meskipun keduanya memang sering dianggap sama atau sejalan, ternyata Browser dan Search Engine memiliki perbedaan yang cukup signifikan dimana masing-masing memiliki peran yang terbilang sama tetapi terkadang berlawanan arah.

Berikut ini merupakan kunci poin-poin yang menjelaskan tentang perbedaan dari Browser dan Search Engine :

  1. Browser merupakan kunci program software yang terinstall pada jaringan sebuah komputer, sedangkan Search Engine merupakan suatu bentuk program yang memang sudah  tersedia di dalam internet tanpa perlu kita menginstallnya.
  2. Browser lebih umum digunakan untuk membuka halaman website yang berformat www, sedangkan Search engine digunakan untuk sekedar manampilkan daftar website yang memuat kata-kata yang hendak kita cari.
  3. Dilihat dari sisi perannya, tanpa Browser maka hal itu akan membuat kita tidak bisa membuka halaman Search Engine, hal tersebut bisa terjadi lantaran Search Engine merupakan bagian dari objek internet yang hanya bisa di akses dengan menggunakan sebuah Browser. Namun, Search Engine bisa menjangkau semua situs informasi yang hendak kita cari, dalam artian berjalan seiringan dengan Browser itu sendiri.
  4. Saat ini, Browser sudah terintegrasi dengan search engine masing-masing, sehingga hal itu membuat cukuo banyak perbedaan antara pengaplikasian Browser ataupun Search Engine.
  5. Contoh dari Browser : Web Browser adalah software yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam komputer, contohnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari dan Opera.

Contoh dari Search Engine : Search Engine yaitu site atau website Internet yang memberikan fasilitas untuk dokumen (alamat) atau data yang Anda inginkan diseluruh web server yang terhubung ke Internet contohnya Google, Yahoo! Search, dan Live Search.

Leave A Reply

Your email address will not be published.