Media Bebas
Seputar Informasi Terkini

Aplikasi Pembersih RAM Terbaik

0

Untuk yang memiliki HP dengan ram masih dibawah 3 Gigabyte pasti akan mendapati kendala yaitu lemotnya ketika menggunakan aplikasi-aplikasi terbaru saat ini. Semakin lama tentu para pengembang aplikasi semakin gencar memberikan fitur-fitur yang berbeda dan menarik untuk memberikan perhatian khusus kepada para pengguna aplikasinya. Dengan Aplikasi yang semakin banyak fitur maka otomatis spesifikasi HP untuk menjalankan aplikasi tersebut juga harus mumpuni. Aplikasi Pembersih RAM adalah salah satu yang bisa menjadi solusi terbaik untuk HP anda yang sering mengalami lagging atau lemot.

Sebelum kita embahas ke permasalahan inti dari aplikasi pembersih RAM, mari kita kenali terlebih dahulu perbedaan RAM dengan ROM sehingga untuk kita yang memiliki keinginan upgrade bisa lebih paham dengan spesifikasi HP yang akan kita beli.

Perbedaan RAM dengan ROM

Perbedaan keduanya sangatlah mendasar, RAM singkatan dari Random Access Memory sedangkan ROM adalah Read Only Memory. RAM digunakan oleh sebuah perangkat untuk menyimpan file sementara, sehingga ketika perangkat dimatikan semua data/file tersebut akan hilang. Sedangkan ROM adalah tempat penyimpanan yang sifatnya tidak sementara, hilang atau tidaknya data dalam tempat penyimpanan ROM bergantung kepada penggunanya.

Fungsi RAM dan ROM

Sebenarnya kedua memori ini memiliki fungsi yang sama, namun perbedaannya adalah jika RAM kinerja dalam pemrosesan data lebih cepat dan RAM dimanfaatkan untuk memproses sebuah aplikasi berjalan karena sifatnya yang sementara. Jika ROM dimanfaatkan untuk menyimpan data-data yang ingin disimpan dalam jangka waktu yang lama. ROM sendiri memiliki kecepatan yang lebih rendah dalam memproses sebuah data.

Aplikasi Pembersih RAM di Android

Untuk anda yang mendapatkan artikel ini pasti anda sedang mencari aplikasi pembersih yang bisa mempercepat kinerja aplikasi-aplikasi terbaru saat ini. Meskipun dengan RAM 2/3 GB sekalipun asalkan management penggunaan RAM nya benar pasti HP tidak akan mengalami lagging.

  1. Clean Master

Clean master merupakan aplikasi yang paling cepat dan sangat ampuh bahkan jumlah yang mendownload aplikasi ini sangatlah banyak. Jika anda ingin mendapatkan layanan terbaik untuk aplikasi pembersih RAM maka anda bisa menggunakan Clean Master sebagai pilihan utama.

  1. CCleaner

Aplikasi pembersih RAM ini tidak hanya terkenal untuk membersihkan data yang ada di komputer. CCleaner juga memiliki aplikasi yang diperuntukkan kepada para pengguna Android, dengan aplikasi CCleaner pengguna Android bisa membersihkan data dengan optimal sehingga performa smartphone berjalan dengan lebih baik.

  1. Power Clean

Power Clean ada pada deretan ketiga yang berfungsi membersihkan memory HP, aplikasi buatan dari LIONMOBI ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan para kompetitornya. Dengan ukuran hanya 6 MB saja tentu tidak akan memakan ukuran ROM HP anda terlalu besar.

  1. Super Cleaner

Aplikasi super cleaner ini selain bisa membersihkan RAM juga memiliki pilihan untuk menurunkan suhu perangkat smartphone anda. HP yang biasanya memiliki suhu tinggi memiliki kemungkinan penggunaannya juga akan terganggu/lemot.

  1. DU Cleaner

Aplikasi pembersih DU tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan memori RAM, namun juga bisa digunakan untuk menurunkan suhu dengan aplikasi DU yang terpisah.

  1. Cleaner Lite

Dengan ukuran yang sangat kecil sesuai dengan namanya “Lite” tentu saja aplikasi ini tidak jauh beda dengan pembersih RAM lainnya hanya saja dengan ukuran yang lebih ringkas. Aplikasi yang minim kebutuhan ukuran ROM bisa membuat HP berfungsi lebih cepat.

  1. Avast Cleanup & Boost

Sesuai dengan namanya aplikasi ini dikembangkan oleh developer Avast. Antivirus yang terkenal milik Avast tentu sudah dikenal oleh banyak orang. Avast Cleanup & Boost juga bisa mempercepat suatu aplikasi yang berjalan.

  1. The Cleaner

The Cleaner – Speed Up & Clean ini opsi aplikasi lain yang bisa berfungsi dengan baik untuk membersihkan RAM. Ukurannya kurang lebih sama dengan power clean 6 MB, aplikasi ini sudah 10 Juta kali di unduh oleh para pengguna smartphone android di Google Playstore.

  1. AMC Security

Aplikasi yang dikembangkan dengan baik oleh iObit Mobile Security, selain digunakan untuk piranti lunak antivirus juga digunakan sebagai pembersih RAM smartphone Android.

  1. AVG Cleaner

Selain digunakan untuk Antivirus, AVG juga memiliki keunggulan serta fungsi yang sama dengan AMC. Namun AVG telah memiliki nama yang cukup besar di kalangan tekno.

10 List aplikasi diatas pastilah berguna untuk anda yang ingin mengunduh aplikasi guna membersihkan RAM. Jangan lupa meskipun pengelola dan pemrosesan data itu ada pada RAM namun ROM juga harus memiliki sisa space sehingga sebuah smartphone tidak perlu membaca terlalu banyak data yang tersimpan. ROM juga perlu diberikan space sisa yang wajib kosong setidaknya 20% dari total space yang bisa disimpan oleh ROM itu sendiri. Dengan ini dijamin HP anda akan aman dan berfungsi dengan baik. Penulis sendiri pengalaman menggunakan file manager dari Xiaomi yang bisa diunduh melalui Google Playstore.

Jangan lupa jika ingin upgrade handphone setidaknya dilihat terlebih dahulu spesifikasi yang biasanya tertulis di kardus (dosbook) HP, kita akan menemui tulisan RAM dan ROM yang bervariasi. Ada yang RAM 4 GB ROM 64 GB, artinya RAM hp tersebut bisa memproses data temporary (sementara) hingga 4

4GB, dan bisa menyimpan data hingga 64 GB. Dengan kemajuan teknologi saat ini, Smartphone bisa memiliki kapasitas ROM hingga 1 Terabyte atau sebesar 1.000 Gigabyte yang tentunya akan sangat memadai bagi anda yang hobi menggunakan smartphone sebagai media fotografi. Apalagi untuk beberapa Handphone saat ini yang dikhususkan untuk market gaming juga memiliki kapasitas RAM yang sangat besar hingga mencapai 12 GB Ram, dengan RAM sebesar ini anda bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus bahkan beberapa game berat sekaligus.

Tentu saja kemajuan ini akan membuat anda yang doyan dengan teknologi akan terus memperbarui model HP selama budget yang dimiliki cukup. Tidak ada ruginya untuk update terus seputar teknologi smartphone masa kini. Jika anda orangtua yang memiliki anak tentu memberikan mereka fasilitas untuk menyibukkan diri mengembangkan hobinya dibidang e-Sports juga menjadi pilihan yang baik mengingat anak laki-laki juga sangat menyukai game.

Leave A Reply

Your email address will not be published.